Bimbingan Teknis Duta Kosmetika Aman 2022
6 Juni 2022 14:50
Berita Aktual

Pemberdayaan generasi muda merupakan sasaran strategis dalam mempercepat perluasan informasi mengenai keamanan dan manfaat kosmetika, karena generasi muda merupakan jumlah terbesar dalam kompisisi penduduk Indonesia dan merupakan pengguna aktif media sosial. Aktifitas media sosial generasi muda perlu diisi dengan konten yang bermanfaat bagi masyarakat dengan menjadikan mereka sebagai agen BPOM.

Balai POM di Batam telah melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Duta Kosmetika Aman 2022 dalam rangka BPOM Goes to School/Campus. Peserta kegiatan teridiri dari Siswa dan mahasiswa di Kota Batam. Tujuan kegiatan ini adalah pembekalan kepada peserta terkait pengetahuan mengenai BPOM dan tentang kosmetika. Peserta juga dibekali dengan pengetahuan terkait konten media sosial dan public speaking. Dengan demikian diharapkan peserta memilki pengetahuan dan ketrampilan yang cukup untuk dapat menjadi Duta Kosmetik Aman 2022.

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, 27 dan 30 mei 2022. Pada hari pertama diberikan materi "Cerdas memilih kosmetika" yang disampaikan oleh Therecy Elly Yana, S.Farm., Apt dari substansi Informasi dan Komunikasi Balai POM di Batam. Materi lainnya disampaikan oleh para profesional dibidangnya, yaitu "Konten media sosial" disampaikan oleh Ranny Daniel Talaksoru dari Rawit Digital Marketing Agency, dan "Public Speaking" disampaikan oleh Ade Jamil Himawan.

Pada hari kedua dilakukan pemilihan duta terbaik. terdapat 3 orang Juri sebagai penilai yaitu

1. Bagus Heri Purnomo, S.Si., Apt selaku Kepala Balai POM di Batam;

2. Paniyati, S.Farm., Apt selaku koordinator Substansi Informasi dan Komunikasi; dan

3. Therecy Elly Yana, S.Farm., Apt selaku Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Muda.

Peserta menampilkan konten media sosial yang telah dibuat dan praktik melaksanakan penyuluhan. Kemudian 10 peserta terbaik juga dinilai melalui wawancara.

Pada acara tersebut telah terpilih duta terbaik, yaitu

Terbaik 1: Arindhia Dasmara Gumintang  dari SMA 1 Batam

Terbaik 2: Gumal Adiguna dari Batam Tourism Polytechnic

Terbaik 3: Jassica Fiorentine dari Universitas Internasional Batam

Tiga duta terbaik akan mewakili Balai POM di Batam dan akan mengikuti Advanced Training Duta yang akan dilaksanakan oleh Badan POM.

Setelah mengikuti Bimbingan Teknis Duta Kosmetika Aman 2022, semua peserta akan bertindak sebagai Duta Kosmetika Aman 2022 dan bertugas melakukan penyuluhan kepada komunitasnya baik di sekolah, kampus, maupun lingkungannya. Dengan demikian diharapkan akan lebih banyak masyarakat yang menyadari terkait kosmetika aman serta mampu melindungi diri sendiri dan orang di sekitarnya.