Komunikasi Informasi dan Edukasi Kepada Komunitas Pasar
10 Juni 2022 12:12
Berita Aktual

Balai Pengawas Obat dan Makanan di Batam terus meningkatkan pengawasan post-market dan kemitraan dengan pelaku usaha melalui kegiatan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) di pasar tradisional yang dilaksanakan pada tanggal 7 s/d 9 Juni 2022 di 6 Pasar yang ada di Kota Batam yaitu Pasar Mitra Raya, Pasar Pujabahari Nagoya, Pasar Mega Legenda, Pasar Botania 2, Pasar Cahaya Garden dan Pasar Sagulung.
Upaya ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan peran serta para pelaku usaha (distributor/pedagang) sebagai pilar kedua pengawasan Obat dan Makanan. Kegiatan ini berisi penyuluhan mengenai:
1. Bahan-bahan berbahaya pada pangan (borax, formalin, rhodamin B dan methanyl yellow) beserta ciri-cirinya.
2. Bahaya penggunaan koran pada pangan yang dapat berdampak pada kesehatan jangka panjang.
3. 5 Kunci Keamanan Pangan yaitu menjaga kebersihan, gunakan air dan bahan baku yang aman, masak dengan benar, jaga pangan pada suhu aman dan pisahkan pangan mentah dengan pangan matang.
4. Penyiapan pangan dengan benar yaitu siapkan pangan menjelang waktu konsumsi.
5. Cek KLIK (cek kemasan, label, izin edar dan kedaluarsa) sebelum membeli dan menjual produk.
6. Aplikasi BPOM Mobile untuk memeriksa kebenaran nomor izin edar yang terdaftar ataupun jika ingin melakukan pengaduan.
Kegiatan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) ini terus dilakukan kepada 3 pilar pengawasan obat dan makanan yaitu pemerintah, pelaku usaha dan konsumen.

#BadanPOMRI #BalaiPOMdiBatam #KomunikasiInformasidanEdukasi #Pasar